RSS

Fauzi Bowo Kandas, SBY dan Demokrat Terhempas…

02 Mar

Fauzi Bowo Kandas, SBY dan Demokrat Terhempas…

Oleh: Yayan Sopyani Al Hadi

(Ditulis pada: Rabu, 11 Juli 2012 , 07:58:00 WIB)

Dalam Pilkada Jakarta, partai politik tidak memegang peranan penting. Publik menentukan pilihan bukan karena menilai sokongan partai, melainkan karena faktor figur yang dimunculkan.

Ini di antara penilaian sementara kalangan dan juga sebagian pengamat. Dengan penilaian ini, maka tokoh yang maju dalam Pilkada tidak akan berkorelasi dengan nasib partai politik tertentu di masa yang akan datang. Nasib sosok yang maju dalam Pilkada juga memwakili dirinya sendiri sebagai personal, dan tidak akan berakibat kepada pihak lain secara individual.

Penilaian ini bisa saja tepat, bisa juga kurang pas. Sebab satu-satunya kepastian dalam politik adalah kemungkinan. Apalagi masih ada sementara pihak yang juga mengkalkulasi kemenangan calon gubernur dengan persentase partai politik.

Bahkan, ada juga sementara pihak yang mengukur nasib politik SBY di masa mendatang, yang merupakan Ketua Dewan Pembina Demokrat, dengan nasib politik Fauzi Bowo yang juga anggota Dewan Pembina Demokrat dalam Pilkada. Artinya, ada korelasi antara kemenangan Fauzi Bowo dengan popularitas SBY dan Partai Demokrat di masa depan. Begitu juga, ada hukum paralel antara kekalahan Fauzi Bowo dengan kharisma SBY dan Demokrat yang kian pudar.

Dengan penilaian ini, bila Fauzi Bowo memang, maka nasib politik SBY dan Demokrat juga bisa dikatakan masih bagus. Pun sebaliknya, bila Fauzi Bowo kalah, maka bisa pula diprediksi nasib politik SBY berada di ujung tanduk. Bila Fauzi Bowo kandas, SBY dan Demokrat pun terhempas.

Sumber: RMOL

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 Maret 2013 in CATATANKU

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: